google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Cara Membuat Kefir Air Kelapa ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Cara Membuat Kefir Air Kelapa

tips sehat, mnu sehat, kefir, kefir kelapa, minuman fermentasi, fermentasi kefir

MENU SEHAT - Kefir Air Kelapa. Kefir adalah minuman dengan khasiat luar biasa yang dihasilkan melalui proses fermentasi susu atau air kelapa yang menghasilkan bakteri probiotik yang kuat yang dapat menyembuhkan tubuh. Mengkonsumsi minuman mujarab ini secara rutin dapat memberikan rasa bugar pada tubuh. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat kefir Anda sendiri.

Air kelapa

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan air kelapa berkualitas tinggi untuk bisa menghasilkan kefir air kelapa yang berkualitas. Anda bisa memilih kelapa muda yang baru dipetik sehingga kualitas air kelapanya masih bagus.

Keluarkan air kelapanya, lalu saring, sehingga air kelapa benar-benar bersih dari kotoran sisa kulit luar kelapa. 


Hangatkan Air kelapa dan tambahkan pemanis sesuai selera

Setelah air kelapa Anda saring, langkah selanjutnya hangatkan air kelapa hingga suhu sekitar 35 derajat celsius. Untuk mengurangi rasa yang tajam karena proses fermentasi, Anda juga dapat menambahkan pemanis alami (madu, gula kelapa, tebu) sesuai selera (umumnya cukup 2 sendok makan)

Tambahkan bibit probiotik

Proses fermentasi dalam membuat kefir air kelapa terjadi setelah Anda menambahkan bibit bakteri probiotik kedalam air kelapa yang sudah Anda siapkan tadi. Bakteri-bakteri ini yang nantinya "memakan" kandungan gula yang pada akhirnya akan menghasilkan minuman probiotik yang kaya akan bakteri baik yang sangat baik bagi sistem pencernaan Anda.

Anda cukup menambahkan bibit bakteri kedalam air kelapa tadi. Takarannya cukup 1/10 dari total air kelapa.

Simpan pada toples kedap udara selama 24-72 jam

Langkah Anda selanjutnya adalah menyimpannya ke dalam wadah kedap udara sehingga proses fermentasi bisa berjalan dengan baik. Letakkan toples berisi air kelapa yang sudah ditambahkan bibit probiotik tadi di ruangan  yang hangat dengan suhu antara 35-40 derajat. Proses fermentasi ini mulai terlihat dengan munculnya gelembung-gelembung udara pada air kelapa yang kini telah kaya akan bakteri baik yang menguntungkan bagi tubuh

Pilihlah toples berbagan kaca dan memiliki tutup yang bisa menutup dengan rapat agar proses fermentasi bisa berjalan dengan sempurna. Perlu diperhatikan juga bahwa selama proses fermentasi, tekanan dalam toples akan terus meningkat. Dianjurkan bagi Anda untuk sesekali melonggarkan tutup toples sebentar untuk mengurangi tekanan dalam toples lalu tutp rapat kembali.

Dinginkan

Setelah proses fermentasi selesai, Anda sekarang dapat menyimpan kefir kelapa Anda dalam lemari es untuk memperlambat proses fermentasi. Proses fermentasi ini akan terus terjadi, dan menyimpan dalam lemari es akan sedikit memperlambat proses ini. Dianjurkan bagi Anda untuk mengkonsumsinya dalam 4-7 hari untuk menghindari fermentasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat. Amin..

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

5 komentar: