google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Jangan Pernah Membunyikan Pinggang !! Ini Sebabnya... ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Jangan Pernah Membunyikan Pinggang !! Ini Sebabnya...

MEMBUNYIKAN PINGGANG
ARTIKEL KESEHATAN - Punggung. Duduk terlalu lama tentu membuat pinggang terasa pegal. Salah satu cara sederhana untuk meredakannya adalah dengan memutar dan membunyikan pinggang. Tapi hati-hati, terlalu keras membunyikan pinggang bisa bikin saraf terjepit.

"Pinggang juga ada sarafnya, (kebiasaan membunyikan pinggang) bisa menyebabkan dislokasi," jelas dr Muki Partono, SpOT, dokter bedah ortopedi dari RS Puri Indah, saat dihubungi detikHealth, Jumat (2/5/2014).

dr Muki menjelaskan bahwa pada bagian tulang belakang terdapat banyak sendi yang letaknya dari pinggang hingga tulang ekor. Sendi tersebut bersifat lentur, yang memungkinkan orang menggerakkan pinggang ke depan, belakang, dan samping.

"Karena sendi pinggang ada sarafnya, bisa menyebabkan saraf terjepit," tutur dr Muki.



dr Michael Triangto, SpKO, pakar kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran mengatakan bahwa membunyikan pinggang di saat pegal boleh saja dilakukan asal tidak berlebihan. Melakukannya secara berlebihan bisa menyebabkan persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa menyebabkan osteoarthritis (OA) atau sejenis peradangan pada sendi.

Selain itu, dr Michael juga menyarankan agar membunyikan sendi hingga berbunyi 'kretek-kretek' sebaiknya dilakukan sendiri. Tidak dianjurkan minta bantuan orang lain, sebab hanya masing-masing orang yang bisa benar-benar mengenal tubuhnya sendiri.

Sementara itu, dokter spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT sependapat bahwa kebiasaan ini sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan. Menurutnya, tindakan ini bisa memicu pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang.

Pergeseran yang terjadi pada bantalan tulang belakang menurut dr Benedictus bisa menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang. Tindakan ini dapat menyebabkan pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang (discus intervertebralis) yang dapat menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang maupun saraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang.

*from http://health.detik.com
Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

0 komentar:

Post a Comment