google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Manfaat Air Mata dan Menangis ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Manfaat Air Mata dan Menangis

Setiap orang pernah menangis. Menangis merupakan bentuk komunikasi paling awal pada manusia, dimulai ketika kita lahir. Entah apa yang ingin disampaikan, respon bayi adalah menangis. Yang terjadi ketika seseorang menangis adalah keluarnya air mata. Lalu apa sih manfaat serta fungsi lain dari air mata?


Air mata yang kita keluarkan sebenarnya memiliki banyak sekali fungsi. Berdasarkan manfaatnya, ada beberapa jenis air mata. Pertama adalah air mata basal, berfungsi untuk melembabkan mata kita agar tidak kering. Kedua adalah air mata reflek. Air mata ini merupakan respon tubuh untuk membersihkan mata ketika ada zat atau bakteri yang menimbulkan iritasi pada mata, dimana mata kita akan terasa pedih dan gatal. Air mata inilah yang sering kita temukan pada pagi hari saat bangun tidur atau ketika kita mengalami mata merah dengan sebutan belek.

Ketiga adalah air mata psikis/emosional. Air mata ini yang kita keluarkan ketika kita sedang sedih atau bahagia. Saat kita merasa bahagia atau sedih, tubuh mengalami peningkatan aktivitas. Jantung bisa berdebar lebih cepat, dan otot-otot wajah juga menjadi tegang. Tanda fisik ini mengirimkan pesan ke otak bahwa kita sedang mengalami ketidakseimbangan. Area otak yang menerima pesan ini adalah medial prefrontal cortex dan hipotalamus, dimana prefrontal akan mengirim sinyal pada hipotalamus untuk segera bereaksi guna menjaga keseimbangan tubuh. Selanjutnya hipotalamus mendorong jaringan saraf parasimpatis untuk meredakan reaksi tubuh yang meningkat. Jaringan parasimpatis ini kemudian mengaktivasi kelenjar lakrimal di pelipis mata kita untuk memproduksi air mata sehingga kitapun menangis.

Setelah menangis, otot-otot wajah akan menjadi rileks, detak jantung menurun. Perubahan fisiologis ini akan kembali dideteksi otak yang memaknainya sebagai kondisi yang seimbang, sehingga kita pun perlahan merasa lebih tenang dan terkontrol.

Dari proses ini dapat kita ketahui bahwa menangis merupakan reaksi tubuh untuk mengembalikannya pada posisi seimbang kembali. JAdi jika Anda bersedih atau bahagia dan ingin menangis maka menagislah, sebab itu baih bagi psikologi dan juga tubuh Anda. Begitu juga pada orang lain. Jika ada orang lain menagis, maka biarkan hingga selesai, jangan paksa mereka untuk berhenti..

Semoga bermanfaat. Amin.

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

1 komentar:


  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete