google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Mengenali Dehidrasi dan Peran Penting Air Minum ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Mengenali Dehidrasi dan Peran Penting Air Minum

Setiap makhluk hidup di bumi ini membutuhkan air untuk tetap hidup.Kita manusia membutuhkan air untuk berbagai hal, diantaranya sebagai air minum. Apa yang terjadi jika kita kekurangan cairan tubuh? Mengapa setiap kita kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi?


Setiap manusia membutuhkan air minum yang cukup, sebab sekitar 80% dari tubuh kita tersusun dari air. Selain darah yang begitu cair, organ-organ tubuh manusia lainnya juga ternyata terdiri atas cairan, seperti otak, paru-paru, jantung, hati, dan ginjal. Bila kita kekurangan asupan cairan dalam tubuh, bisa jadi organ-organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya kita disarankan untuk minum air secara rutin setiap hari, meski sedang tidak merasa haus.

Ketika tubuh kekurangan cairan, saat itulah kita mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah ketika tubuh kekurangan cairan, sehingga tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya secara normal. Kita tidak bisa memproduksi cairan dalam tubuh sendiri, sehingga kita sangat tergantung pada jumlah air yang kita minum setiap harinya. Setiap tetes air yang kita minum akan didistribusikan ke seluruh tubuh melalui darah.

Darah merupakan alat transportasi dalam tubuh yang berfungsi mendistribusikan zat-zat penting yang dibutuhkan organ-organ tubuh seperti oksigen, dan tentunya air. Darah ini juga termasuk anggota tubuh yang memerlukan air. Darah kita mengandung cairan (plasma darah) dan padatan (eritrosit, leukosit, trombosit).

Ketika kita kurang minum, jumlah air yang diterima tubuh tentunya juga sedikit sehingga darah yang normalnya cair dan bersikulasi ke seluruh tubuh akan tersendat. Persentase air dalam darah akan berkurang seiring dengan mengentalnya darah dalam tubuh. Pada kondisi seperti itu, cairan pada organ tubuh lainnya akan secara otomatis terserap oleh darah sebagai reaksi tubuh untuk menjaga drah tetap cair. NAmun reaksi tubuh ini kemudian mengakibatkan sel-sel tubuh lah yang mengalami dehidrasi. Jika tidak segera ditangani maka bisa mengakibatkan kematian.

Lalu bagaimana supaya kita tidak mengalami dehidrasi? Mudah saja. Minum. Jadi minum itu perannya sama penting dengan makan. Indikasi utama tubuh mulai kekurangan cairan adalah ketika kita merasa haus. Itu adalah reaksi awal. Jangan disepelekan. Segera minum...

Berikut ini beberapa gejala yang menandakan tubuh kita mengalami dehidrasi:

Nyeri Kepala

Apapun yang Anda lakukan di sepanjang hari, tubuh Anda akan tetap kehilangan sejumlah cairan secara konstan. Selain air, tubuh Anda pun akan mengeluarkan natrium dan kalium bersamaan dengan air kemih Anda.

Natrium merupakan salah satu zat yang juga berperanan dalam pengaturan tekanan darah. Semakin banyak cairan yang hilang, maka tekanan darah Anda pun akan semakin menurun, yang membuat aliran oksigen ke dalam otak akan semakin berkurang. Hal ini yang kemudian membuat berbagai pembuluh darah di dalam otak melebar dan membuat nyeri kepala Anda terasa semakin berat.

Air Kencing Berwarna Kuning

Silahkan cek warna air kencing Anda. Saat Anda mengalami dehidrasi, maka air kencing Anda pun akan menjadi lebih pekat daripada biasanya yang ditandai dengan warnanya yang sangat kuning, bahkan untuk dehidrasi akut bisa berwarna kemerahan.


Mengalami Sembelit

Air diperlukan oleh tubuh Anda tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tetapi juga untuk memperlancar pergerakan sisa makanan di dalam usus besar Anda. Jadi kekurangan cairan atau dehidrasi, tentunya juga dapat menghambat pergerakan sisa makanan di dalam usus Anda, yang menyebabkan terjadinya sembelit.

Semoga bermanfaat. Amin.

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete