google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Menjaga Daya Tahan Tubuh Kala Cuaca Tak Menentu ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Menjaga Daya Tahan Tubuh Kala Cuaca Tak Menentu

Cuaca ekstrim
ARTIKEL KESEHATAN - Data Tahan Tubuh. Cuaca akhir-akhir ini memang terasa cukup ekstrim. Terkadang panas, lalu tidak lama kemudian mendung dan hujan. Keadaan seperti ini jelas mempengaruhi kondisi tubuh kita. Tubuh manusia memang bisa tahan terhadap berbagai cuaca, namun jika perubahannya terjadi begitu cepat, maka tubuh tidak mempunyai waktu untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Daya tahan tubuh memang biasanya menurun saat cuaca ekstrim, atau jika seseorang menjalani pola hidup yang tidak sehat seperti jarang minum air putih dan stress berkepanjangan. Penurunan daya tahan tubuh akan berdampak pada kondisi kesehatan sehingga membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit. Agar daya tahan tubuh tetap kuat, kita harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan cukup nutrisi.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami adalah dengan diet. Makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayur penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Antioksidan memerangi radikal bebas sehingga menekan kerusakan sel. Lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam ikan, minyak canola, minyak zaitun, biji rami ataupun sayuran dapat membantu meningkatkan produksi senyawa yang terlibat dalam mengatur kekebalan tubuh. Selain itu, konsumsilah protein dalam jumlah yang cukup serta minum air yang cukup juga dapat membantu menangkis infeksi dan memperkuat daya tahan.

Tidak hanya itu, lakukan olahraga secara teratur sehingga dapat membilisasi sel T, sejenis sel darah utih yang dikenal untuk menjaga tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan kekebaan tubuh. Stres kronis juga bisa menimbulkan dampak negatif pada kekebalan tubuh. Stres berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit. Hindari stres dengan banyak melakukan kegiatan menyenangkan dan berpikir positif.

Hal lain yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan serta tidur yang cukup. Menjaga tangan tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit. Pastikan untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum menyiapkan makanan atau makan, dan setelah batuk, bersin, menggunakan kamar mandi dan fasilitas umum.

Berikut ini beberapa tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat :
  1. Makan yang cukup dengan makanan yang matang dan cukup gizi
  2. Teh baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk menjaga kesehatan, Anda dapat mencoba membuat teh herbal sendiri yang mengandung jahe, kunyit kayu manis, dan minumlah3-4 cangkir sehari.
  3. Jika mulai terserang flu, buanglah miuman yang terbuat dari kunyit dan madu, dan konsumsi 2 kali sehari untuk meredakan flu secara alami
  4. Sediakan minyak almnd dan wijen. Kedua bahan ini dapat menjadi senjata ampuh menghalau penyakit saat musim hujan. Minyak almond dan wijen mengandung antioksidan dan vitamin E yang tidak hanya baik untuk kulit tapi juga bisa mempertahankan daya tahan tubuh.
  5. Aktif berolahraga, seperti jalan santai dan joging yang efektif meredakan stres dan membuat lebih sehat.
  6. Saat cuaca panas, sebaiknya hindari makanan dingin, makanan olahan atau makanan beku. Perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba saat mengkonsumsi makanan atau minuman dingin akan membuat daya tahan tubuh menurun.
Semoga bermanfaat. Amin...

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854



1 komentar:

  1. Thx utk infonya..bermanfaat sekali..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/tips-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-saat-bersepeda-part-2/

    ReplyDelete