google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Makanan Untuk Meredakan Migren ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Makanan Untuk Meredakan Migren

meredakan migrain, penyebab migrain, obat migren

MENU SEHAT - Migrain. Migrain merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan sekarang ini, dan tidak jarang menyerang secara tiba-tiba. Penderita migrain biasanya akan merasakan sakit pada kepala dan serasa berdenyut seperti dipukuli, ditekan, dan umumnya penderita akan cenderung lebih sensitif terhadap cahaya dan suara. Jika Anda pernah mengalami migrain, maka sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena pada beberapa panelitian terkini mengenai migrain telah ditemukan bahwa ternyata ada beberapa makanan yang dapat meredakan atau bahkan menyembuhkan serangan migrain.

Penyebab migrain hingga saat ini memang masih belum diketahui, namun ada salah satu teori memperkirakan bahwa migrain disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia otak (serotonin) yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah di kepala sehingga pasokan darah ke otak terganggu. Pencetus migrain bervariasi. Bisa jadi hormon, perubahan suhu yang mendadak udara, faktor emosional, kelelahan fisik atau mental, dan bahkan makanan tertentu. Perawatan yang paling efektif adalah dengan melakukan pencegahan serangan migrain dengan menghindari hal-hal yang dapat menjadi pemicu timbulnya migrain, atau minum obat pencegah migrain.


Bagaimana cara mengatasi migrain

Umumnya migrain akan mereda setelah kita melakukan relaksasi, istirahat dan melakukan ringan. Anda bisa melakukannya segera setelah ada tanda-tanda serangan migrain. Selain itu, setelah Anda mengetahui apa-apa yang menjadi faktor pemicu migrain, cobalah untuk menghindarinya. Jika Anda memilih untuk mengandalkan obat guna melawan migrain, Anda dapat mengkonsumsi obat Cafergot yang mengandung ergotamine dan kafein yang berfungsi melancarkan pembuluh darah. Analgesik seperti parasetamol atau ibuprofen juga dapat mengurangi rasa sakit.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaan obat migrain, karena obat-obat ini juga memiliki efek samping bagi pembuluh darah, yang tentunya akan sangat berbahaya bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan pembuluh darah pada jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi. Selain itu, obat migrain juga dapat mengakibatkan kantuk, kelelahan, dan rasa mual. Jika migrain sudah tak tertahankan, disarankan untuk segera pergi ke dokter,

Makanan untuk meringankan migrain

Berikut beberapa makanan yang disebutkan dapat membantu meringankan serangan migrain:

1. Telur yang diperkaya dengan Omega-3: Menu makanan tinggi asam lemak omega-3, khususnya dalam telur dapat mengurangi peradangan yang diduga sebagai penyebab migrain. Selain telur, Anda juga bisa makan beberapa jenis ikan, terutama salmon, yang juga terbukti efektif meredakan sakit kepala karena migrain.

2. Kacang: Kacang mengandung banyak magnesium. Kondisi tubuh yang kekurangan mineral sering dikaitkan dengan migrain. Sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara kekurangan magnesium dengan sakit kepala migrain. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50% dari semua penderita migrain telah terionisasi magnesium dalam darah dalam jumlah kecil. Magnesium, yang terkandung dalam kacang-kacangan, melindungi tubuh dari sakit kepala dengan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah. Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan yang berguna untuk meredakan sakit kepala karena tegang.

3. Skim milk: Susu skim mengandung semua nutrisi susu kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak. Susu ini kaya riboflavin, atau yang biasa dikenal sebagai vitamin B2. Riboflavin memiliki peran penting dalam memproduksi energi dalam berbagai tingkat sel. Kekurangan energi bisa memicu migrain. Vitamin ini juga memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah, antibodi dalam tubuh, dan pelepasan energi dari metabolisme karbohidrat.

4. Biji rami: Butiran biji-biji kecil ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan juga mengandung omega-3 asam lemak yang dapat mengurangi peradangan akibat migrain. Beberapa studi menunjukkan adanya keterkaitan antara diet tinggi asam lemak omega 3 dengan penurunan risiko hipertensi, stroke, kanker, gangguan kekebalan tubuh dan masalah penyakit kulit tertentu.

5. Bayam: Hampir semua orang tahu dengan sayuran berdaun hijau ini. Bayam sarat dengan magnesium, salah satu nutrisi terbesar yang memiliki kemampuan mencegah migrain.

6. Pisang: Pisang tidak hanya kaya akan kalium, tetapi juga magnesium (pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian Anda). Magnesium dapat meringankan migrain Anda dan sakit kepala akibat stres.

7. Kentang: Sakit kepala tidak hanya muncul karena dehidrasi tetapi juga karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Oleh karena itu, makan makanan kaya kalium dapat membantu meringankan migrain. Kentang mengandung banyak kalium.

8. Semangka: Dehidrasi adalah penyebab umum sakit kepala, karenanya sangat dianjurkan bagi penderitanya untuk minum banyak air dan asupan makanan yang kaya air (seperti semangka). Buah yang kaya air juga mengandung mineral penting, seperti magnesium, yang merupakan kunci untuk mencegah sakit kepala. Anda juga dapat mencoba minuman olahraga yang mengandung elektrolit jika Anda mungkin mengalami sakit kepala setelah bekerja untuk waktu yang lama karena kehilangan banyak mineral dalam tubuh.

9. Ikan: Ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan makarel) sangat bermanfaat sebagai obat untuk migrain, karena ikan sangat kaya akan asam lemak esensial, omega-3. Asam lemak omega-3 dapat menghambat peradangan yang sering memicu migrain. Jika Anda tidak bisa makan ikan setiap hari, jangan khawatir. Anda dapat mengambil suplemen minyak ikan dan makanan menambahkan seperti biji rami, kenari, tahu, dan kedelai untuk tambahan omega-3 dalam menu makanan Anda.

Semoga bermanfaat. Amin..

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

0 komentar:

Post a Comment