google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Berapa Banyak Asupan Gula Harian Yang Dianjurkan? ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Berapa Banyak Asupan Gula Harian Yang Dianjurkan?

makanan sehat, artikel kesehatan, asupan gula tubuh, makanan manis

ARTIKEL KESEHATAN - Gula. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh WHO menunjukkan bahwa jumlah asupan gula yang aman selama ini harus dikurangi. Jadi sebenarnya berapa banyak kadar gula sehat yang dianjurkan per hari?

Asupan gula yang direkomendasikan sebelumnya adalah sebesar 10% dari kalori yang kita makan. Namun, angka ini kini telah diturunkan. WHO menganjurkan kita mengkonsumsi sebanyak 5% gula. Bahkan jurnal BMC Public Health menganjurkan jumlah yang lebih rendah, yakni hanya 3%. Peneliti dari University College London dan London School of Hygiene and Tropical Medicine menyatakan bahwa, jumlah ini harus dikurangi karena gula adalah penyebab utama kerusakan gigi.
Dengan mengurangi konsumsi gula, penyakit gigi dapat dicegah. Sebuah penelian menunjukkan bahwa jika kita hanya mengkonsumsi 0-5% gula per hari, gigi menjadi dua kali lebih kuat dan terhindar dari kerusakan. Kita pastinya sering bertanya-tanya berapa banyak gula yang harus kita konsumsi per hari? Untuk pria, 5% gula, atau sekitar sebanyak 7-8 sendok teh. Adapun wanita, 5% gula, atau sebanyak 5-6 sendok teh.

Target ini sebenarnya cukup sulit untuk dipenuhi, karena rata-rata makanan yang kita makan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Segelas minuman berkarbonasi (minuman soda) mengandung gula sebanyak 5%. Cukup besar bukan?

Asupan makanan yang manis memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa, asupan makanan yang manis diperlukan untuk merangsang otak. Namun, jika konsumsi gula telah melebihi tingkat yang direkomendasikan, tubuh akan meningkatkan pelepasan kalsium melalui air urine, yang tidak hanya menyebabkan pengeroposan gigi dan tulang, tetapi juga menyebabkan beberapa penyakit serius seperti diabetes dan komplikasinya seperti jantung. Saatnya kita memikirkan alternatif makanan yang mengandung gula alami seperti beras dan buah-buahan sebagai pengganti gula.

Menurut rekomendasi dari WHO, anak usia 1-3 tahun disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 25 gram gula tambahan per hari, atau setara dengan lima sendok teh. Sementara anak-anak usia 4-6 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 38 gram gula tambahan atau setara dengan 8 sendok teh per hari. Batas aman untuk pria dan wanita dewasa seperti yang disebutkan di atas juga tergantung pada usia, berat badan, dan seberapa aktif Anda sepanjang hari. Untuk orang dewasa, 5-8 sendok teh gula adalah batas maksimum.

Jika seseorang mengkonsumsi lebih dari 100 gram gula, hal tesebut dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri atau virus yang merugikan kesehatan dalam tubuh sebesar 40 persen. Sistem kekebalan tubuh akan mulai berkurang 30 menit setelah makanan dikonsumsi dan akan terus berkurang hingga 5 jam. Hmmm.... Ternyata makanan yang manis tidak semanis rasanya... :(

Semoga bermanfaat. Amin..

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

0 komentar:

Post a Comment