google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Waspadai Kanker Tulang dan Gejalanya ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Waspadai Kanker Tulang dan Gejalanya

kanker tulang
ARTIKEL KESEHATAN - Kanker Tulang. Penyakit kanker merupakan penyakit serius yang kurang mendapat perhatian khusus dari masyarakat Indonesia. Padahal tindakan pencegahan masih bisa dilakukan jika gejala kanker bisa terdeteksi secara dini.

Indikasi penyakit kanker ini biasanya dimulai ketika siklus pertumbuhan sel tidak berjalan secara normal. Sel normal memiliki "genetic blue" atau pedoman yang mengatur pertumbuhan sel. Pencapaian maturity, reproduksi serta fungsi, dan pada akhirnya mati. DNA menyediakan dasar untuk informasi ini.

Jika ada perubahan pada DNA pada tahap ini, itu disebut "mutasi". Perubahan ini bisa merubah petunjuk yang mengontrol pertumbuhan sel. Pada akhirnya, hal ini yang menyebabkan kematian sel atau sebaliknya, terjadi pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Sel yang terus tumbuh tak terkendali akan membentuk tumpukan jaringan atau benjolan yang biasa disebut tumor. Dalam beberapa kasus, tumor mungkin tumbuh dengan lambat dan disebut tumor jinak. Meski menekan pada jaringan sekitarnya, tumor jinak mungkin tidak terlalu mempengaruhi manusia. Lalu pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan mengganggu jaringan bahkan membahayakan jaringan disekitar tempat tumbuhnya, disebut tumor ganas atau kanker.

Pada dasarnya kanket tulang belum diketahui penyebabnya. Namun para ahli kedokteran berpendapat bahwa kanker tulang terjadi akibat kesalahan pada sel DNA. Dampak dari kesalahan ini menyebabkan tulang tumbuh secara tak terkendali da akumulasi dari mutasi sel ini membentuk tumor yang bisa menyerang tulang di dekatnya atau menyerang ke daerah lain dalam tubuh.

Untuk mengetahui secara pasti terjadinya kanker tulang, ada baiknya kita melakukan pemeriksaan dengan cara rontgen atau CT scan, terutama pada bagian dada untuk melihat terjadinya penyebaran kanker melalui paru-paru, serta scanning ke seluruh tulang untuk mendeteksi penyebaran kanker. Sebelum melakukannya, ada baiknya kita terlebih dahulu memahami gejala-gejala kanker tulang.

Gejala kanker tulang

Lalu gejala kanker tulang diantaranya :

Pertama, rasa nyeri atau sakit. Biasanya rasa nyeri atau sakit dirasakan pada bagian tulang belakang seperti leher atau juga tulang punggung. Rasa sakit ini juga terkadang dirasakan menyebar ke seluruh tubuh atau anggota badan lainnya.

Kedua, badan terasa lemah dan lesu. Gejala ini disebabkan oleh gangguan pada impuls dari tulang belakang. Apabila kanker sudah menyebabkan peradangan besar pada tulang belakang, maka otak kita tidak akan mampu berkomunikasi baik dengan kaki. Akiatnya, akan terasa sulit untuk berjalan, meraih sesuatu atau memegang.

Ketiga, inkontinensia. Kanker tulang belakang dapat menyebabkan inkontinnsia. Gejala ini sangat mirip dengan kelemahan, karena tekanan pada saraf tertentu pada tulang belakang yang bertanggung jawab untuk mengontrol kinerja kandung kemih dan usus. Jika impuls terganggu, dapat menyebabkan seseorang kehilangan kontrol kandung kemih mereka, usus, atau bahkan keduanya.

Keempat, bisa mengakibatkan kelumpuhan. Seiring dengan perkembangan kanker tulang belakang, seseorang mungkin akan mengalami kelumpuhan. Tergantung pada beratnya kanker, kelumpuhan bisa diisolasi untuk 1 anggota badan. Ukuran dan lokasi pertumbuhan menentukan jumlah kelumpuhan, karena kanker bisasampai ke saraf.

Kelima, kepekaan berkurang. Kanker tulang belakang bisa mempengaruhi sensasi sentuhan. Karena sumsum tulang belakang adalah saraf pusat, peradangan atau tekanan di daerah ini dapat menyebabkan pengurangan sensasi. Objek mungkin tidak lagi merasa panas atau dingin untuk disentuh. Serupa dengan ketidakmampuan otak untuk berkomunikasi dengan anggota badan, dan anggota badan menjadi tidak sepenuhnya berkomunikasi dengan otak.

Kebanyakan masyarakat masih memiliki kecenderungan untuk mencari tukang urut atau alternatif lainnya jika menemukan benjolan.Padahal jika ditangani dengan cepat, maka tingkat kesembuhannya juga semakin tinggi. Rendahnya ekonomi masyarakat terkadang membawa penyakit kanker tulang ke tempat yang salah, seperti tukang urut atau sejenisnya. Padahal secara medis, kanker tulang sangat mudah dideteksi melalui sinar rontgen. Seperti penyakit kanker lainnya, kanker tulang ada yang jinak dan juga ada yang ganas. Untuk jenis yang ganas, penanganan bisa sampai tahap amputasi, kemoterapi maupun dengan penyinaran.

Semoga bermanfaat. Amin...


Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854


0 komentar:

Post a Comment