google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Serangan Asma ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Serangan Asma

serangan asma
ARTIKEL KESEHATAN - Asma. Asma termasuk penyakit saluran napas. Ketika terjadi serangan asma, pipa saluran napas menyempit dan penuh dengan sekret (lendir) sehingga udara yang keluar masuk pipa saluran napas terhalang. Akibatnya, tubuh kekurangan oksigen, timbullah gejala sesak. Jika pasien mendapat obat yang melebarkan pipa saluran napas maka serangan biasanya bisa membaik.

Serangan asma bisa ringan, sedang, atau berat. Pada serangan asma ringan, semprotan atau obat yang melebarkan pipa tersebut dapat menghilangkan gejala. Namun pada serangan asma sedang apalagi berat, sering juga membutuhkan obat tambahan untuk menghilangkan sesak napas.

Pederita asma peru memahami cara emenghindari serangan asma. Faktor penyebab serangan asmabisa berupa bahan yang menimbulkan alergi (debu rumah, bulu binatang, makanan), infeksi (terutama infeksi virus pada saluran napas seperti influenza), kelelahan, serta obat. Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan serangan asma. Jadi, jika penderita asma berobat pada dokter, dia perlu emengutarakan bahwa dirinya juga menderita asma. Selain itu perlu diingat faktor psikis juga bisa memperberat serangan asma. Jadi untuk menghindari serangan asma akut hendaklah menghindari faktor penyebab tersebut.

Untuk mencegah resiko influenza maka penderita asma dianjurkan menjalankan imunisasi influenza karena jika penderita asma terkena influenza dapat beresiko timbul serangan asma akut. selain itu jangan lupa menggunakan obat asma secara teratur.

Pada serangan asma akut dosis obat dapat dinaikkan. Belakangan ini tersedia kartu penilai beratnya asma yang dapat digunakan untuk menyesuaikan obat yang harus diminum. Jika menurut kartu penilaian tersebut gejala asma semakin berat maka dosis hirupan dapat ditingkatkan sesuai dengan petunjuk dokter. Penderita asma juga harus tahu bila harus ke rumah sakit.

Jika upaya mengatasi serangan asma tidak berhasil jangan berlama-lama, segera berobat ke rumah sakit. Pada umumnya gejala asma dimulai dengan batuk-batuk kemudian diikuti dengan sesak napas. Meski pada serangan asma berat dapat timbul dengan langsung tanpa sesak napas. Tidur juga terganggu bahkan pada serangan asma berat ini pasien dapat susah berbicara.

Obat Asma

Obat asma sekarang ini biasanya dalam bentuk hirupan karena dapat langsung bekerja pada pipa saluran pernapasan. Obat hirupan yang banyak digunakan adalah campuran obat pelebaran pipa saluran napas dan obat anti radang. Obat pelebar pipa saluran napas akan bermanfaat untuk melebarkan pipa saluran napas, tetapi untuk mengurangi sekret yang juga mengganggu udara keluar masuk diperlukan juga obat anti radang.

Penggunaan obat anti radang juga bermanfaat menurunkan kepekaan selapun elendir pipa saluran napas sehingga pipa saluran napas tidak mudah menyempit jika terpajan bahan yang merupakan alergen atau polutan. Pada asma kronik panggunaa obat ini perlu dilakukan secara teratur dan dosisnya disesuaikan dengan skor asma yang dinilai dengan kartu asma. Kartu asma ini dapat digunakan dengan mudah oleh penderita dan hendaknya digunakan secara teratur.

Sekarang ini tujuan pegobatan asma adalah untuk mencapai pengendalian total, artinya pada keadaan ini penderita bebas serangan asma serta dapat melakukan kegiatan fisik termasuk kegiatan fisik berat seperti misalnya berolahraga. Penderita asma dapat mencapai prestasi baik dalam olahraga, artinya pada umunya asma bukan sebuah halangan dalam berolahraga.

Ini penting bagi anak-anak yang menderita asma. Sering kali mereka tidak diikutsertakan dalam kegiatan olahraga di sekolah, padahal mereka sebenarnya bisa mengikutinya, asal sebelumnya terlebih dahulu menggunakan obat asmanya untuk mencegah serangan.

Pada asma kronik serangan asma akan berulang. Karena itu penderita asma perlu memahami penyakit asma dengan baik serta obat-obat yang harus digunakan. Penderita asma juga perlu menjaga obat itu selalu tersedia. Jika serangan asma akut tidak dapat diatasi, maka perlu berobat ke dokter atau ke rumah sakit. Jangan lua menghindari faktor penyebab yang dapat menimbulkan serangan asma. Keluarga dapat membantu dengan menyediakan lingkugan yang bersih, bebas debu dan bebas asap rokok. Pada umumnya tidak perlu menyediakan tabung oksigen di rumah kecuali bila atas anjuran dokter.

Semoga bermanfaat. Amin..

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

0 komentar:

Post a Comment