google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Perbedaan Kehamilan Anak Pertama dengan Kedua ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Perbedaan Kehamilan Anak Pertama dengan Kedua

masa kehamilan
ARTIKEL KESEHATAN - Kehamilan. Kehamilan pertama seringkali ditanggapi dengan kecemasan dan kekhawatiran, kurangnya pengetahuan dan pengalaman calon ibu menjadi alasan adanya tekanan mental yang mengganggu kesehatan psikis ibu hamil. Riwayat kesehatan di kehamilan pertama dapat dijadikan acuan untuk kehamilan selanjutnya, betulkah kehamilan kedua lebih menyenangkan dibandingkan dengan kehamilan pertama? Kehamilan merupakan sebuah proses alamiah yang terjadi pada seluruh wanita, meskipun terkadang dapat dibedakan berdasarkan kesehatan masing-masing.

Beberapa ibu hamil mengeluhkan kondisi kehamilan pertama, berbeda dengan kehamilan kedua yang dirasakan lebih tenang dan mengasyikkan. Kebanyakan ibu hamil merasakan perasaan yang lebih nyaman di kehamilan kedua. Hal ini dikarenakan oleh pengalaman menyenangkan sebelumnya, sehingga penting bagi ibu hamil dapat menjaga fisik dan psikis sehingga mengurangi masalah kesehatan dan menjadikan pengalaman menyenangkan untuk pengalaman kehamilan selanjutnya. Akan tetapi masih ada pula ibu hamil yang masih merasakan kekhawatiran di kehamilan kedua. Hal ini dikarenakan beberapa perubahan baik secara fisik, berhubungan dengan berat badan yang semakin bertambah pada ibu hamil di kehamilan selanjutnya, usia yang semakin bertambah, beberapa kondisi kesehatan yang mulai terganggu atau juga peruahan hormon yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan kehamilan pertama. Dikarenakan kehamilan dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik kesehatan ibu dan janin maka pada masing-masing kehamilan akan memiliki riwayat yang berbeda. Begitu juga pada kehamilan perama dan kedua, seringkali terjadi perbedaan.

Berikut ini beberapa perbedaan kehamilan pertama yang dirasakan oleh ibu hamil pada kehamilan kedua, diantaranya:

1. Kehamilan lebih singkat

Bagi Anda yang kini tengah memasuki masa kehamilan kedua, seringkali merasakan kehamilannya lebih cepat. Hal ini dikarenakan ibu hamil seringkali sibuk dalam merawat dan memperhatikan anak pertama sehingga keluhan di kehamilan kedua jarang dirasakan. Anda didarankan membuat program kehamilan, supaya jarak kehamilan antara anak pertama dengan anak kedua tidak terpaut terlalu dekat, juga tidak terlalu jauh.

2. Perubahan fisik yang terlalu cepat di kehamilan kedua

Usia bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan kondisi kehamilan pada usia lanjut. Sehingga seringkali ibu hamil pada kehamilan kedua mengeluhkan kondisi fisik yang terganggu. Perubahan fisik yang timbul lebih cepat inilah yang menyebabkan kehamilan kedua seringkali disertai dengan timbulnya resiko varises yang lebih tinggi, kenaikan berat badan yang lebih besar dari kehamilan pertama atau mengalami sakit pinggang yang lebih sering.

3. Pergerakan bayi lebih cepat

Perbedaan yang sering dirasakan oleh ibu hamil di kehamilan anak kedua adalah pergerakan jani yang lebih cepat. Pada kehamilan pertama seringkali ibu dapat merasakan tendangan janin pada usia kehamilan 5 bulan, sedangkan di kehamilan kedua akan terasa lebih awal, biasanya pada usia kandungan 4 bulan. Hal ini dapat dihubungkan dengan pengalaman ibu di kehamilan sebelumnya yang berhubungan dengan perasaan sensitif ketika mengalami tendangan.

4. Proses persalinan

Proses persalinan pada kehamilan pertama dapat dijadikan acuan pada kehamilan selanjutnya, sehingga Anda lebih bisa mengatur mental Anda dalam mempersiapkan persalinan selanjutnya. Hal yang harus Anda jadikan pelajaran adalah pengalaman-pengalaman berharga Anda yang menyenangkan, sedangkan bagi Anda yang mengalami pengalaman-pengalaman kurang menyenangkan dapat lebih piawai adalah mengatasi situasi yang membuat traumatik dan menghindarinya di kehamilan kedua.

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

0 komentar:

Post a Comment