google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Manfaat Pijat pada Bayi ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Manfaat Pijat pada Bayi

ARTIKEL KESEHATAN - Pijat Bayi. Saat ini semakin marak tempat spa dan pijat bayi, bahkan di rumah sakit sekarang juga sudah banyak yang menyediakan layanan ini. Tak heran, melihat bahwa pijat bayi memiliki ragam manfaat yang membuat bayi lebih sehat. Beberpa diantaranya: otot bayi lebih kuat, imunitas meningkat, dan membuat bayi tidur lebih lelap. Bayi menjadi lebih riang dan tidak suka menangis.

Lebih lengkapnya, berikut ini manfaat yang bisa diperoleh bayi dengan melakukan pijat :
  • Mengusir rasa tak nyaman ketika tubuh melepaskan oksitosin dan endorfin. Keduanya adalah hormon pereda nyeri yang menyamankan bayi saat tumbuh gigi, kolik dan stress.
  • Mempercepat myelimasi yaitu proses perbaikan sistem saraf tatkala jaringan saraf tertutup lemak yang disebut myelin. stimulasi kulit mempercepat proses perbaikan sistem saraf.
  • Melatih respon saraf karena pijat menyebabkan stress pada bayi akibat adanya tekanan-tekanan pada tubuh. tetapi adanya suara, sentuhan dan aroma tubuh orang tua akan membuat tubuh bayi relaks. Kedua kondisi berbeda yang saling menyeimbangkan itu ideal untuk melatih respon saraf bayi.
  • Meningkatkan kualitas tidur, bayi tidur lebih lama dan lebih nyenyak setelah dipijat.
  • Merangsang saraf vagus, sesuai temuan Dr. Tiffany Field, pendiri Touch Research Institute di Florida. Saraf vagus banyak sekali fungsinya, diantaranya meningkatkan daya paristalsis (gelombang kontraksi berirama di perut dan usus yang menggerakkan makanan melewati saluran pencernaan). Itu sebabnya, pijat dapat menstimulasi dan membantu sistem pencernaan.
  • Megajarkan anak bahwa sentuhan merupakan bentuk ekspresi.
  • Membantu pertumbuhan massa otot.
  • Membangun ikatan antara orangtua terhadap bayi karena pijat kaya akan unsur ikatan seperti kotak mata, kontak kulit, aroma tubuh dan suara.
  • Meningkatkan kesadaran bayi atas tubuhnya. Selagi memijat, namai bagian tubuh bayi untuk megenalkan anggota tubuhnya. Ketika dipijat kesadaran bayi akan tubuhnya juga dibangun, seperti bahwa tangan dan kakinya menyatu dengan tubuh dan lain-lain.
  • Memperkuat sistem imun. Pijat secara signifikan meningkatkan jumlah sel pembunuh alami, yaitu sekelompok sel darah putih yang bisa membunuh berbagai tipe sel yang terinfeksi virus.
  • Mengajarkan anak sejak lahir bahwa mereka punya wewenang atas tubuhnya dan boleh menolak bila orang lain menyentuh tubuhnya.
  • Meningkatkan supply oksigen dan aliran nutrisi di dalam sel-sel tubuh.
  • Melancarkan sirkulasi tubuh.
  • Meningkatkan indera sensorik
Tidak harus pergi ke tempat khusus, pijat bayi pun bisa dilakukan sendiri di rumah. Orangtua tentunya perlu belajar memijat bayi yang benar terlebih dahulu. Sebaiknya bersihkan tangan dan potong kuku jari tangan untuk mengurangi resiko melukai kulit bayi. Siapkan juga baby oil atau baby lotion untuk dibalurkan pada kulit bayi agar lebih licin dan hangat. Jangan lupa untuk meminta ijin trlebih dahulu ada si kecil saat mulai memijat agar tidak kaget.

Setiap sentuhan yang dirasakan bayi saat dipijat , ditangkapnya sebagai bentuk kasih sayang dari orangtuanya, sehingga tercipta ikatan yang alami antara keduanya. Selama memijat, ajak ia bicara dan tatap matanya. Hindari melakukan aktifitas lain, seperti mengecek Hp ataupun menonton Tv.

Semoga bermanfaat :)

Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

0 komentar:

Post a Comment