google.com, pub-7049760468619734, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Kebiasaan Buruk Saat Tidur Yang Bisa Membuat Anda Gendut ~ Pijat Segar Bandung
Pijat Tradisional di Bandung Bisa Dipanggil 0812-2358-2854 (WA Only)

Kebiasaan Buruk Saat Tidur Yang Bisa Membuat Anda Gendut

pola tidur salah

ARTIKEL KESEHATAN – Berat Badan. Orang-orang di seluruh dunia, termasuk negara-negara berkembang seperti India, Brasil dan juga Indonesia terus berjuang melawan epidemi obesitas. Berbagai jurnal obesitas diterbitkan. Andapun tentunya sudah mengetahui pengaruh antara pola makan yang buruk atau gaya hidup dengan berat badan. Yang tidak banyak diketahui orang-orang adalah hubungan antara kebiasaan tidur dengan berat badan yang tidak sehat. Berikut adalah tujuh "kesalahan" pada kebiasaan tidur kita yang bisa membuat berat tubuh semakin membesar dan akan secara langsung maupun perlahan merusak upaya Anda memperoleh berat badan ideal.


Makan terlalu malam

Makan di malam hari dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan ini pada gilirannya dapat menyebabkan tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit melatonin (yang juga dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak) dan juga hormon pertumbuhan, yang berperan dalam mereproduksi sel-sel tubuh Anda. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk makan tiga jam sebelum waktu tidur Anda.

Paparan cahaya

Paparan cahaya, baik itu dari cahaya lampu kamar, lampu dari halaman rumah Anda, semua itu dapat mengganggu pelepasan melatonin dan hormon pertumbuhan dan juga dapat meningkatkan kadar kortisol Anda, yang dipercaya dapat memicu peningkatan berat badan, terutama di sekitar perut. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda tidur di ruangan yang gelap dan jauhkan perangkat digital Anda.

Minum terlalu malam

Anda memang perlu menjaga agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi, namun minum terlalu banyak pada malam hari ternyata bisa mempengaruhi kesehatan, karena bisa meningkatkan kemungkinan Anda akan bangun di tengah malam untuk buang air kecil. Hal ini dapat mengganggu pola tidur alami Anda dan ini, pada akhirnyanya, dapat meningkatkan risiko yang lebih besar terhadap ancaman obesitas. Untuk menghindari hal ini, berhentilah minum setidaknya dua jam sebelum tidur.

Olahraga malam hari

Gaya hidup sehat dngan melakukan olahraga memang baik untuk Anda, namun jika Anda berolahraga terlalu larut malam justru bisa menjadi masalah, karena aktivitas tersebut bisa manaikkan suhu tubuh dan menekan pelepasan melatonin. Hal ini juga bisa menyebabkan masalah tidur karena meningkatnya pelepasan hormon-hormon seperti dopamin dan kortisol yang terangsang ketika tubuh melakukan aktivitas. Lebih baik Anda tidak melakukan olahraga berat minimal 3 jam sebelum waktu tidur.

Menonton TV malam hari, dan penggunaan komputer

Banyak orang mencoba untuk bersantai di malam hari dengan menonton acara televisi atau browsing di internet. Bagi kebanyakan orang ini adalah salah satu cara untuk mengurangi tekanan setelah aktivitas di siang hari, tapi pada kenyataannya hal tersebut justru dapat mengganggu waktu tidur malam, karena merangsang kortisol dan juga dopamin. Cara terbaik untuk bersantai setelah aktivitas sehari-hari adalah dengan berbaring di ruangan yang nyaman di mana Anda benar-benar santai, jauh dari gadget-gadget ini.

Kamar tidur yang hangat

Jika suhu kamar tidur Anda terlalu hangat, hal ini dapat menyebabkan tidur malam yang tidak berkualitas. Tanpa suhu yang dingin, pelepasan hormon melatonin dan pertumbuhan akan terganggu dan ini akan memperkecil kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak saat Anda tidur. Pastikan kamar tidur Anda berada pada suhu kisaran 21-23 derajat Celsius untuk bisa beristirahat secara optimal.

Pakaian yang ketat

Mengenakan pakaian ketat saat tidur, baik itu piyama, bra atau pakaian lain yang ketat, selain menyebabkan Anda idak nyaman juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan mengganggu pola hormonal Anda, sehingga mengganggu tidur Anda. Tidur telanjang atau memakai pakaian longgar lebih disarankan untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Cara menurunkan berat badan memang ada banyak cara. Namun semua itu akan percuma karena Anda justru kembali merusaknya apabila pola cara tidur Anda tidak sehat.


Semoga bermanfaat. Amin..
Rasakan Kenikmatan Pijat Tradisional yang Menyegarkan di Bandung!
Layanan Panggilan Tersedia!
Hubungi WhatsApp 0812-2358-2854

0 komentar:

Post a Comment